Rabu, 06 April 2016

INDONESIA TERBENTUK ATAS DASAR TEORI PEMBERIAN ATAU PERJUANGAN?




      Sebelum membahas lebih jauh tentang Indonesia terbentuk atas dasar teori apa, marilah kita ketahui terlebih dahulu apakah pengertian dari teori perjuangan dan teori pemberian. Teori Perjuangan atau Revolution adalah suatu wilayah yang belum memiliki negara akan tetapi berpenduduk dan kemudian di jajah dan selanjutnya mengadakan perlawanan atau revolusi sehingga membentuk negara baru. Sedangkan Teori Pemberian adalah Penyerahan atau pemberian kemerdekaan banyak terjadi pada negara negara bekas jajahan suatu colonial.

      Dan menurut saya, Indonesia terbentuk atas dasar teori Perjuangan karena . Indonesia pada awalnya tidak ada, akan tetapi Belanda dan penjajah lain masuk dan menghancurkan kerajaan kerajaan yang ada dan kemudian menjajah kita. Terbentuklah dasar penyatuan kepulauan Indonesia, kemudian hadir Jepang yang menjajah lagi. Pada akhirnya para pejuang dan kaum revolusioner membentuk Negara Indonesia yang berdaulat sebagai NKRI. Para revolusioner ini tidak hanya diam dengan keadaan kita dijajah maka dari itu para revolusioner mengadakan perlawanan dan perjuangan demi bangsa Indonesia sendiri. Pernyataan kemerdekaan yang dilakukan setelah keberhasilan merebut kembali wilayah yang dijajah bangsa/ negara asing  pada tanggal 17 Agustus 1945.

     Jadi kesimpulannya menurut saya adalah Indonesia terbentuk atas dasar Teori Perjuangan karena para revolusioner Indonesia mempunyai tekad untuk berjuang penuh demi kemerdekaan Indonesia. walaupun ada yang mengatakan bahwa Indonesia merdeka karena Pemberian, namun menurut saya Indonesia merdeka karena Perjuangan para Pahlawan Pahlawan Indonesia.


EmoticonEmoticon