Selasa, 07 Juni 2016

Membuat Segitiga Terbalik Pada Pascal



Segitiga Pada Pascal? yuk di Simak dibawah ini
Codingan :

Logikanya Sebagai Berikut :
  • ·         USES CRT artinya kita akan menjalankan program dengan satuan crt. Uses crt tidak dapat dipisahkan dengan clrscr, karena jika kita hanya mengetik uses crt tanpa mengetik clrscr maka program akan berjalan, namun layar yang akan digunakan tidak bersih. Sedangkan jika kita tidak mengetik uses crt program tidak akan berjalan melainkan eror.
  • ·         Var A,B,C,D,E : INTEGER; artinya kita akan mendeklarasikan variable a,b,c,d,e dengan tipe integer.
  • ·         Begin untuk memulai program
  • ·         Clrscr; digunakan untuk membersihkan layar / clear screen.
  • ·         Write(‘masukan angka :’); artinya untuk menuliskan, dimana pada saat program di run, akan tercetak ‘masukan angka :’ pada layar
  • ·         Readln(a); untuk membaca variable, dimana pada kasus ini varibel yang dibaca oleh perintah ini adalah variable A.
  • ·         For B := 1 to A Do kita sudah masuk pada kondisi perulangan for yang diikuti dengan do. Pada kasus ini dituliskan bahwa for b := 1 to A do yang artinya untuk variable B akan melakukan perulangan dari satu sampai dengan A(yang diinput user)
  • ·         Begin disini untuk memulai perulangan yang akan dilakukan.
  • ·         For C := 1 to B artinya variable c akan melakukan perulangan dari 1 sampau dengan variable B.
  • ·         Write ( C ); artinya nilai yang tertampung pada variable C akan tercetak.
  • ·         Writeln; digunakan untuk meletakkan posisi cursor aktif dan akan terletak pada awal baris berikutnya.
  • ·         End; digunakan untuk mengakhiri perulangan
  • ·         For D := C-1 downto 1 do artinya pada variable D akan melakukan perulangan dimana nilai yang tertampung pada variabel C dikurang 1 step dan akan diurutkan sampai dengan 1.
  • ·         Begin disini dilakukan untuk memulai perulangan baru.
  • ·         For E := 1 to D do artinya pada variable E akan menampung perulangan dari 1 sampai dengan nilai yang ada pada variable D.
  • ·         Write(E) ; digunakan untuk mencetak apa yang ada pada variable E.
  • ·         Writeln; digunakan untuk mengaktifkan kursor pada awal baris berikutnya.
  • ·         End; untuk mengakhiri program perulangan.
  • ·         Readln; untuk membaca akhir data. Dan jika kita menekan tombol enter, maka program akan selesai.
  • ·         End. Untuk mengakhiri program secara sepenuhnya.

  • Berikut jika saya input angka 9 pada saat program dijalankan, maka akan muncul output sebagai berikut  :




EmoticonEmoticon