Jumat, 15 Januari 2016

“Individu, Keluarga dan Masyarakat”



Individu menurut Wikipedia adalah  merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut, yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan yang lebih kecil.
Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas  didalam lingkungan sosianya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Tingkah laku tersebut berbeda satu dengan yang lainnya.
Keluarga menurut Wikipedia adalah Keluarga (bahasa Sanskerta: "kulawarga"; "ras" dan "warga" yang berarti "anggota") adalah lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.
Dan keluarga menurut saya adalah orang  orang yang ada disekeliling kita yang masih ada hubungan darah dari saudara ibu maupun saudara ayah. Keluarga sebagai kelompok sosial yang terdiri dari beberapa individu, yang memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, dan tanggung jawab di antara individu tersebut. Dapat dikatakan bahwa keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat terdiri dari 2 orang atau lebih, adanya ikatan perkawinan atau pertalian darah, dan setiap anggota keluarga memiliki peran masing – masing.

Masyarakat menurut Wikipedia adalah Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
Berikut dibawah ini adalah beberapa pengertian masyarakat dari beberapa ahli sosiologi :
  • menurut Munandar Soelaeman masyarakat merupakan kesatuan sosial yang mempunyai ikatan-ikatan kasih sayang yang erat. Kesatuan sosial mempunyai kehidupan jiwa seperti adanya ungkapan jiwa rakyat, kehendak rakyat, kesadaran masyarakat, dsb.
  • menurut Karl Marx masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
  • Menurut Emile Durkheim masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
  • Menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok atau kumpulan manusia tersebut.
masyarakat menurut saya adalah sekumpulan individu yang berkumpul di suatu wilayah dan mendiami suatu lingkup wilayah dan mempunyai kewajiban untuk menjaga wilayah tersebut. Dari pengertian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa masyarakat adalah kumpulan sekian banyak individu yang terikat oleh suatu adat, hukum, dan kehiduan bersama.

Hubungan Individu, Keluarga dan Masyarakat
            Hubungan individu, keluarga dan masyarakat sangat erat hubungannya. Hubungan individu dengan keluarga, ayah, ibu, kakek, nenek maupun anak merupakan hubungan individu dengan keluarga. Hubungan individu dengan lembaga, Individu memiliki hubungan yang saling mempengaruhi dengan lembaga yang ada disekelilingnya. Lingkungan pekerjaan dapat membentuk individu dalam membentuk kepribadian. Keindividuan dalam lingkungan pekerjaan dapat berperan sebagai direktur, ketua dan sebagainya. Jika individu bekerja, ia akan dipengaruhi oleh lingkungan pekerjaannya. Hubungan individu dengan masyarakat terletak dalam sikap saling menjungjung hak dan kewajiban manusia sebagai individu dan manusia sebagai makhluk sosial. Mana yang menjadi hak individu dan hak masyarakat seharusnya diketahui dengan mendahulukan hak masyarakat daripada hak individu. Gotong royong adalah hak masyarakat, sedangkan rekreasi dengan keluarga, hiburan, shopping adalah hak individu yang semestinya lebih mengutamakan hak masyarakat.




Daftar Pustaka

  • Wikipedia
  • Wahyu, Ramdani, M.Ag.,M.Si. ISD (Ilmu Sosial Dasar). Pustaka Setia. Bandung : 2007
  • Soelaeman, M. Munandar. Ilmu Sosial Dasar Teori dan Konsep Ilmu Sosial. Refika Aditama. Bandung : 2004


EmoticonEmoticon